-->

Iklan Atas Artikel

Jumlah Kata Artikel Blog Untuk Peringkat Mesin Pencari

Jumlah Kata Artikel Blog Untuk Peringkat Mesin Pencari - Jumlah kata pada artikel merupakan salah satu faktor penentu posisi blog berada pada posisi mesin pencarian, bahkan jumlah kata artikel blog masih menjadi perdebatan di dunia blogger dan literasi online. Apalagi bagi Anda yang mengandalkan penghasilan dari bisnis online tentunya akan berpikir keras mengenai SEO pada blognya.

Jumlah Kata Artikel Blog Untuk Peringkat Mesin Pencari

Jumlah Kata Blog Untuk Peringkat Mesin Pencari


Dalam dunia blogging, banyak sekali hal yang bisa mendukung dan saling berkaitan mengenai jumlah kata pada artikel blog untuk menarik para pengunjung blog atau website. Jumlah kata artikel bisa mempengaruhi ketertarikan atau pembahasan mendalam contohnya pada produk yang ingin ditawarkan, serta pengaruh optimasi mensin pencari atau SEO (Search Engine Optimazion).

Perbincangan jumlah kata artikel dikalangan blogger memang tidak akan ada habisnya, karena setiap blogger mempunyai argumentasi dan pengalaman yang berbeda. Para blogger yang senang menggunakan artikel pendek mempunyai pendapat terlalu membuang waktu jika harus membaca artikel terlalu panjang. Jika disimpulkan blogger dengan tipe seperti ini lebih suka dengan gambar atau infografis. Secara sederhana pembaca lebih menyukai gaya tulisan dan tertuju pada tulisan yang bercetak tebal, dan judul tertentu serta bisa secara langsung mengambil kesimpulan mengenai informasi yang dicari.

Berbeda pandangan dari blogger yang suka dengan artikel yang panjang, mereka menyukai jumlah kata artikel atau kalimat, sekaligus memanfaatkan kesempatan pengunjung mengkaji lebih dalam mengenai pendalaman informasi layanan, barang, jasa, atau bisnis yang mereka tulis di blog. Mereka berpendapat jumlah kata artikel memberikan kesempatan mesin pencari atau SEO sebagai salah satu elemen melihat kompetitor lainnya.

Berbicara di dunia era digital seseorang tidak dapat memastikan setiap pendapat dan karakteristik dari penggunanya, karena dunia digital atau internet akan terus bergerak dengan sangat cepat. Bahkan menurut penelitian 80% pembaca digital menggunakan teknik membaca secara vertikal, sebelum mereka mendapatkan kata kunci yang menarik perhatian. Hal ini harus menjadi perhatian blogger. Jika seorang pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari di halaman tertentu, hanya waktu 3 detik mereka bisa meninggalkan halaman blog.

Namun, jumlah kata yang terlalu ringkas akan mempunyai masalah tersendiri, terutama berkenaan dengan pencarian halaman blog di mesin pencari. Untuk halaman yang diindeks mesin pencari secara umum memerlukan 300 kata lebih. Pertanyaan pun muncul, blog atau website dengan jumlah kata sedikit, apakah bisa muncul di mesin pencarian?


Jumlah Kata SEO Pada Blog

Kembali lagi terhadap permasalah mengenai jumlah kata artikel, tentunya para blogger akan menemukan titik terang apabila mengacu pada parameter. Peneliti yang dilakukan beberapa media layanan blogging, halaman blog atau website  dengan retensi waktu membaca cenderung mempunyai 1000 page views, sedangkan artikel blog dengan waktu kurang lebih 7 menit besar kemungkinan mendapat 10.000 hingga 100.000 page views.

Penelitian lain menunjukan jika pengunjung mencapai waktu baca hingga 3 menit, page views akan meningkat. Sekitar 74% pengunjung membaca hingga 3 menit, sedangkan 94% lebih memilih waktu baca di bawah 6 menit. Hal tersebut, pembaca memanfaatkan waktu secara optimal kisaran 3-7 menit. Dari penelitian tersebut kecepetan membaca blog atau website bisa disimpulkan mencapai 150 hingga 250 kata per menit, hasil yang ideal jumlah kata artikel online 400 hingga 1700 kata.


Kepuasan Pengunjung Blog Lebih Utama dari Jumlah Kata Artikel

Di sisi lain jumlah kata artikel bukanlah faktor utama untuk menentukan blog atau website berada di halaman pertama pencarian. Konsistensi dan menjaga para pengunjung untuk tetap bertahan membaca artikel dari awal sampai selesai lebih penting dari jumlah kata. Google memberikan penilaian lain terhadap jumlah kungjungan. Seberapa besar respons pengunjung terhadap halaman blog tersebut, durasi berkunjung tersebut bisa menentukan peringkat di halaman pencarian.  Kesimpulannya semakin lama pengunjung dengan halaman blog akan mempengaruhi emosional ketertarikan pada halaman blog atau website.


Sumber: https://www.kompasiana.com/

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2