-->

Iklan Atas Artikel

7 Cara Mengatasi Spam Score Tinggi Pada Blog

7 Cara Mengatasi Spam Score Tinggi Pada Blog - Masalah spam score kini menjadi pembahasan yang umum di banyak grup media sosial, dan para blogger ramai membahas tentang bagaimana cara menurunkan spam score pada sebuah blog. Sebagian blogger berpendapat bahwa spam score yang tinggi dianggap blog yang rawan akan penalty Google.

Spam score pada blog bisa dikatakan sebuah virus pada blog yang bisa memberikan dampak buruk terhadap spam score pada blog lain. 

7 Cara Mengatasi Spam Score Tinggi Pada Blog

Apa yang dimaksud dengan spam score?

Spam score merupakan persentase dari blog-blog yang memiliki fitur yang sama dengan halaman yang sudah terkena peringatan dari Google. Hal tersebut merupakan bentuk penilaian dengan mempertimbangkan masalah Spam yang digunakan oleh MOZ untuk memberikan penilaian sebuah blog mempunyai spam atau tidak.

Istilah umum yang sering dibahas mengenai spam score adalah sebuah informasi yang dikirim secara berulang-ulang. Istilah spam sering disebut berita yang terkirim ke komputer, karena sudah terinfeksi oleh virus. 

Dengan demikian, blog yang memiliki angka spam score tinggi bukan berarti blognya tekena virus. Spam score adalah indikator pada sebuah blog yang sehat atau tidak. Ada yang mengatakan persentase spam yang masih bisa ditoleransi sebuah blog aman dengan maksimal spam score yaitu 4 persen. Semakin kecil angka spam score bisa dianggap lebih baik.

7 Cara Mengatasi Spam Score

Kebanyakan dari blogger menganggap bahwa spam score merupakan masalah  yang serius. Oleh karena itu banyak diantara blogger memasang MOZ Checker pada perangkat laptopnya untuk mengetahui spam score pada blog yang sering dikunjunginya. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk kepentingan kunjungan pada blog tetapi bisa menganalisa setiap blog yang ingin menyimpan eksternal link yang terindikasi spam score yang tinggi. Berikut cara mengatasi spam score tinggi.

1. Mengatur Kolom Komentar

Sebagian blogger mengatur pada kolom komentarnya agar blog tidak terinfeksi spam score tinggi dari blog lain. Misalnya untuk platform blogspot pengunjung bisa meninggalkan komentar dengan akun Google, sedangkan bagi pengguna WordPress pemilik blog bisa mengatur kolom komentar hanya menggunakan nama dan email saja, dan url blog tidak ditampilkan.

2. Jangan Menyimpan Url Blog

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jika sebagai tamu yang akan berkunjung ke blog orang lain bisa melakukan hal yang  sama seperti yang dilakukan pemilik blog.

Bagi pengguna Blogspot maka kita bisa meninggalkan komentar dengan akun Google saja, sedangkan bagi pengguna WordPress kotak nama diisi dengan nama dan url blog, kotak email, dan kotak pada url blog bisa dikosongkan.

3. Membuat Artikel Organik

Cara efektif untuk mengatasi spam score selanjutnya adalah dengan memperbanyak tulisan organik. Artikel organik merupakan artikel yang dibuat bukan artikel yang bersponsor. Hal tersebut memang sudah menjadi rahasia umum, blog yang sudah bisa menampilkan iklan AdSense masih banyak menulis artikel-artikel yang bersponsor. 

Para blogger menjelaskan bahwa 1 artikel bersponsor sama dengan 3 artikel organik, artinya setiap menulis 1 artikel yang bersponsor Anda harus menulis artikel bebas yang tidak terikat dengan merek tertentu. Penulisan artikel organik juga tetap harus menjaga kualitas Search Engine Optimization (SEO) dengan tujuan artikel terindeks oleh mesin pencari.

4. Memperbanyak Backlink Berkualitas

Jika pada artikel organik blog yang Anda ingin tulis akan membat inbound link atau bisa disebut dengan backlink maka Anda harus mencari blog yang berkualitas. Misalnya, pada halaman blognya tidak terdapat konten pornografi, perjudian, atau situs yang dilarang oleh pemerintah. Anda juga bisa melakukan bertukar link dengan teman dengan mengutamakan kualitas blog. 

5. Menghapus Broken Link

Mengatasi broken link merupakan pekerjaan yang penting untuk Anda yang selalu memperhatikan kesehatan terhadap blog. Untuk Anda yang menggunakan platform WordPress broken link terdapat plugin berupa Broken link Checker yang berfungsi untuk mencegah blog spam yang sangat mengganggu.

6. Disavow

Usaha ini dilakukan untuk menolak url tertentu yang mempunyai spam score yang tinggi. Cara melakukan diasvow dengan membuka halaman Google Serach Console, kemudian pilih disavow link. Pilihlah file yang sudah disiapkan sebelumnya melalui notepad.

7. Mengatur Media Sosial

Memanfaatkan media sosial bisa mempengaruhi terhadap kesehatan dan kecepatan blog. Contoh jangan menautkan link instagram pada side bar karena bisa memperlambat kinerja blog. Anda bisa menambahkan akun Linkedln dan nomor telepon karena situs spam biasanya tidak mencantumkan akun Linkedln dan nomor telepon.

Dengan demikian cara-cara di atas bisa menurunkan spam score pada blog atau website Anda.









LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2