-->

Iklan Atas Artikel

Penerima Bansos PKH Rp300 Ribu dan Rp3,5 Juta Segera Cek di dtks.kemensos.go.id

Penerima Bansos PKH Rp300 Ribu dan Rp3,5 Juta Segera Cek di dtks.kemensos.go.id - Bagi Anda yang kebetulan menerima bantuan dari pemerintah atau BLT Bansos sebesar Rp3,5 jut dan Rp300 ribu bisa langsung mengecek status penerimaan yaitu dengan mengakses dtks.kemensos.go.id dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), ID DTKS, atau nomor PBI JK/KIS.

Penerima Bansos PKH Rp300 Ribu dan Rp3,5 Juta Segera Cek di dtks.kemensos.go.id

BLT atau Bantuan Langsung tunai atau bansos pemerintah bisa Anda cek melalui DTKS di antaranya merupakan bantuan senilai Rp3,5 juta dan bantuan Rp300 ribu. BLT atau bansos Rp300 ribu yang akan dilaksanakan hingga 2021 diberikan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Sedangkan uang bantuan senilai Rp3,5 juta adalah bantun untuk modal usaha yang diberikan dari Kementerian Sosial yang diberikan dengan target 10.000 KPM PKH Graduasi yang  mempunyai usaha kecil yang terdampak pandemi. Untuk program Rp3,5 juta diberi dengan nama bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU).

Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU) diberikan dengan nilai Rp500 ribu/KPM yang bertujuan membantu usaha mikro yang baru saja merintis usaha tersebut. Nantinya, KPM PKH Graduasi yang terseleksi akan menerima bantuan sosial dan pendampingan insentif modah usaha sebesar Rp3,5 juta/KPM untuk bisa lebih mengembangkan usahanya.

Berikut merupakan cara cek data diri Anda di DTKS untuk mengetahui status penerimaan bantuan tersebut:

  1. Silakan masuk ke laman dtks.kemensos.go.id.
  2. Kemudian cek bansos dengan memasukan salah satu dari NIK, ID DTKS/BDT, atau nomor PBI JK/KIS. Pilih ID kepesertaan yang diinginkan.
  3. Masukkan Nomor ID kepesertaan yang dipilih.
  4. Masukkan nama lengkap sesuai NIK, ID DTKS/BDT, atau nomor PBI JK/KIS.
  5. Masukkan 4 huruf kode yang ada dalam kode.
  6. Klik kotak kode untuk mendapakan kode baru.
  7. Pilih cari.
Jika Anda merupakan  penerima atau bukan penerima bantuan ini, maka akan ada pemberitahuan. Sistem akan mencocokkan ID dan nama yang dimasukkan dan akan membandingkan antara nama yang dimasukkan dengan nama yang sudah ada pada database DTKS. Setelah data valid pemerintah akan mencairkan beberapa bantuan sosial (bansos) pada awal Januari 2021

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2