-->

Iklan Atas Artikel

Penyebab Spam Score Blog Naik dan Cara Menurunkannya

Kabar yang kurang menggembirakan bermunculan untuk blogger yang secara tiba-tiba spam score atau SS naik secara signifikan sehingga sebagian blogger merasa kebingungan untuk mencari cara menurunkan spam scorenya, tidak heran banyak blogger merasa gagal ketika mengelola blog atau websitenya.

Penyebab Spam Score Blog Naik

Spam score yang mendadak naik merupakan hal yang biasa dialami oleh para blogger yang mengalami naiknya algoritma dengan tujuan terciptanya blog atau website yang berkualitas dan organik. Harus diketahui bahwa naiknya spam score bisa mempengaruhi terhadap kualitas search engine optimization (SEO), jika hal ini terjadi pada blog Anda, maka segeralah melakukan optimasi kembali blog atau website yang Anda kelola.

Pada pembahasan kali ini saya mencontohkan mesin pencari Google, karena sebagian blogger berharap untuk blog atau websitenya bisa masuk pada halaman pertama Google dibandingkan dengan mesin pencari lainnya seperti Yahoo, Yandex, Bing, Baidu, dan Duckcukgo.

Jika kita ingat pada tahun 2010 lalu, Google sebagai mesin pencari raksasa telah memberikan informasi untuk pengguna blog atau pemilik blog agar bisa mengelola blognya dengan baik dan benar. Hal tersebut masih dipercaya bahwa dengan masuknya di halaman pertama Google dipercaya dapat meningkatkan trafik secara organik sehingga para blogger melakukan berbagai cara untuk menarik pengunjung.

Masih maraknya pelanggaran yang dilakukan oleh blogger terhadap kebijakan algoritma Google sehingga secara lambat laun mesin pencari Google ini meningkatkan upaya keamanan demi terciptanya persaingan yang baik untuk para blogger.

Penyebab Spam Score Naik dengan Tajam

Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan spam score naik secara drastis, sebagian blogger berpendapat bahwa backlink merupakan penyebab utama spam score, padahal sebenarnya tidak hanya backlink yang bisa mempengaruhi terhadap spam score, diantaranya:

  1. Backlink
  2. Konten
  3. Template
  4. Anchor Text
  5. Visitor
Diantara penyebab dari meningkatnya spam score, masih banyak faktor lain yang bisa meningkatkan spam score.

Apa yang dimaksud Spam Score?

Jika kita perhatikan dengan baik sebenarnya pada algoritma Google tidak mengenal istilah spam score. Spam score hanya digunakan oleh algoritma tool SEO seperti MOZ dan Ahrefs yang memiliki kriteria masing-masing yang bisa memberikan penilaian untuk membantu dari masalah penalty Google.

Pada MOZ disebut dengan domain rank (DR), sedangkan Ahrefs domain bisa dikatakan berkualitas jika domain tersebut mempunyai domain authority (DA) yang mendekati 100 %.

1. Backlink
Backlink ternyata bisa menjadi faktor utama meningkatnya spam score.  Backlink adalah bagian dari cara untuk meningkatkan kualitas pada blog atau website, tetapi jika tidak tepat dalam menerapkan backlink akan memberikan pengaruh yang buruk bahkan lebih parah lagi blog bisa terkena penalty Google yang bisa menurunkan kualitas blog atau website.

Untuk mempromosikan blog atau website ke website lain. Namun, jika Anda salah menerapkannya maka akan memberikan dampak yang negatif terhadap blog. Dilihat dari jenisnya backlink dipilih menjadi dua yaitu:
  • Eskternal link
  • Internal link
Eksternal link merupakan link yang diambil dari blog lain, sedangkan internal link merupakan link yang berasal dari website Anda sendiri.

Untuk memasukkan link sebagai eksternal link yang aktif maka Spam Score tidak akan bertambah, tetapi jika link yang dimasukkan menuju link error maka Spam Score akan naik secara drastis. Pada umumnya Google sudah membuat kebijakan untuk spam score yaitu konten berisi sara dan sebagainya.

2. Konten
Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa konten merupakan pilar utama dalam membangun sebuah blog. Hal tersebut tentunya harus dioptimalkan dengan baik untuk seorang penulis yang ingin mempromosikan kontennya tentunya dengan memperhatikan skill dan teknik penulisan.

Konten arikel dalam sebuah blog memang tidak bisa dipisahkan dengan anchor text dan backlink, Anda bisa melakukan promosi konten sesuai dengan pembahasan yang relevan, contohnya ketika Anda membahasa mengenai SEO blog maka eksternal link dan anchor text harus relevan.

Konten yang berkualitas dapat memberikan informasi yang tepat terhadap para pembaca dan apa adanya. Teknik penulisan dalam sebuah blog tidak hanya menggunakan bahasa baku, tetapi Anda juga bisa menggunakan bahasa sehari-hari yang tentunya bisa dimengerti oleh banyak orang. Ingat penulisan blog jangan ditulis menggunakan bahasa singkatan, karena bisa mengubah arti dan makna yang disampaikan.

3. Template
Blog yang pernah ditolak berkali-kali oleh Google AdSense tentunya masih ingat kenapa AdSense menolaknya dengan beberapa alasan diantaranya:
  • Inventaris berharga
  • Pengunjung tidak valid
  • Alasa tidak jelas
Mungkin beberapa dari Anda seorang blogger pemula ada yang masih bingung tentang bagaimana cara mengatasinya. Harus diingat memasang dan optimasi SEO pada template yang berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan blog.

Usahakan Anda menggunakan template yang premium, dengan menggunakan template  premium Anda akan mendapatkan pembaruan mengenai kode yang dipasang contohnya javascript dan HTML.

4. Anchor Text
Setiap pemasangan baik link internal maupun eksternal harus dilakukan sesuai dengan pembahasan link. Buatlah anchor text pendek maksimal 4 kata atau sesuai dengan kata kunci target utama.

"https://www.sansanirawan.com/2020/12/youtube-down.html"

Contoh link di atas membahas mengenai masalah yang terjadi pada aplikasi Youtube, misalnya Anda bisa menggunakan anchor text sebagai berikut:

  • Youtube down
  • Youtube
  • Cara mengatasi Youtube down
Apabila Anda menggunakan anchor text yang tidak sesuai dengan pembahasan tersebut, maka akan dianggap Spam Score, dan akan berdampak buruk pada blog Anda.


5. Visitor
Hindari pengunjung yang berasal dari device dan ip yang sama dalam waktu yang cepat, hal ini akan berdampak pada Spam Score secara signifikan, Saya lebih menyarankan untuk menghindari dari pengunjung yang tidak masuk akal, Anda bisa mencoba dengan menggunakan cloudflare walaupun memang cara kerjanya tidak bisa secara 100% menghindari dari serangan jingling.

Para blogger dituntut untuk mendapatkan visitor secara organik, yang berarti pengunjung mencari sendiri informasi yang berasal dari pencarian Google yaitu blog atau website Anda. tulah beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang ingin menurunkan spam score pada blog atau website. Terima kasih!






LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2