-->

Iklan Atas Artikel

Cara Cepat Dan Mudah Mendapatkan Sitelink Google

Cara Cepat Dan Mudah Mendapatkan Sitelink Google - Banyak pertanyaan dari blogger mengenai sitelink pencarian Google, sebagian berpendapat bahwa sitelink bisa didapat dari tools atau skrip. 

Bahkan, di beberapa kasus blog yang sudah lama saja belum tentu mendapatkannya, dan katanya untuk bisa didapat melalui webmaster tools sitelinks. Tetapi, saya berpendapat bahwa untuk mendapat sitelink dari Google membutuhkan waktu yang cukup lama dan bertahap.

5 Cara Mendapatkan Sitelink Google dengan Cara Alami

Pada umumnya untuk mendapatkan sitelink secara alami membutuhkan cukup waktu. Sebelum Anda mendapatkan sitelink untuk blog. Mari kita bahas apa yang dimaksud dengan sitelink?

Apa yang dimaksud Sitelink?

Sitelink adalah hasil pencarian dari suatu situs blog/website yang mempunyai perbedaan dengan blog atau website lain. Sitelink mempunyai karakteristik dari beberapa nama blog lain. Perbedaan ini bisa dilihat dari hasil pencarian yaitu terdapat beberapa sub menu seperti tag, kategori, atau halaman populer dari artikel sebuah blog.

Sitelink biasanya bisa kita lihat pada blog-blog besar. Sitelink yang terlihat pada blog atau website terdapat beberapa kolom.  Sitelink yang diberikan oleh Google ini memang memiliki penilaian khusus. Misalnya sitelink yang diberikan terdiri dari 2,4,6 baris bahkan ada yang lebih. 

Hal tersebut, sitelink dimaksudkan pada blog-blog yang mempunyai reputasi baik dan kualitas artikelnya, dan faktor tersebut hanya Google yang memberikan penilaian khusus.

Apakah Sitelink Penting untuk Blog?

Menurut saya pribadi, sitelink pencarian Google bisa dikatakan penting, karena blog yang memiliki sitelink terdapat daya tarik tersendiri daripada blog yang masih baru. Bisa saja pengunjung melihat perbedaan antara blog yang mempunyai sitelink dan tidak.

Cara Mendapatkan Sitelink Blog

1. Konsisten Update Artikel

Sebuah blog bisa dikatakan banyak pengunjung apabila kuantitas konten atau artikelnya dibuat secara berkala. Semakin banyak artikel dibuat, maka semakin berpeluang besar untuk mendapatkan sitelink dan pengunjung. Selain mendongkrak trafik pengunjung. Konsisten membuat artikel bisa juga meningkatkan popularitas blog Anda.

2. Maksimalkan Jumlah Kata Artikel

Memaksimalkan jumlah kata dalam artikel merupakan cara efektif untuk mendapatkan sitelink dari Google. Artikel dengan jumlah kata yang dimaksud adalah dengan pembahasan artikel yang lengkap dan mendalam. 

Artikel dengan jumlah kata yang banyak akan memudahkan blog bersaing di pencarian Google. Usahakan menulis artikel 500 hingga 1000 kata. Hal ini berpeluang besar untuk serp, dan mendapatkan sitelink.

Baca juga: Tips Menulis Blogger Pemula

3. Menggunakan Top Level Domain/TLD

Blog dengan Top Level Domain mempunyai nilai yang lebih baik untuk mesin pencari. Bukan dilihat dari sisi berbayar, tetapi ada nilai tambah dari Google, blog dengan domain TLD lebih serius dibandingkan dengan blog gratisan, dan lebih profesional.

Hal ini bukan berarti blog gratisan seperti blogspot dan WordPress tidak mendapatkan sitelink, tetapi domain TLD mempunyai peluang yang sangat baik untuk pengguna yang serius dalam blogging.

4. Template Blog

Sitelink yang diberikan Google yaitu terhadap blog yang mempunyai struktur template blog yang baik. Hal tersebut bisa diartikan template yang sederhana dan simpel lebih banyak dikunjungi daripada template yang terlalu mencolok dan terlalu banyak widget. 

Sebaiknya gunakan template dengan navigasi yang sederhana dan SEO friendly untuk menarik para pembaca.

5. Mendaftarkan Blog Webmaster

Untuk Anda yang baru memulai membuat blog, sebaiknya segera daftarkan sitemap blog atau peta situs ke search console atau webmaster. Tujuannya supaya Google dapat merayapi setiap artikel yang Anda buat. Dengan mendaftarkan sitemap secara konsisten bisa mengoptimalkan blog di mesin pencarian.

Demikian cara mendapatkan sitelink blog dari Google. Semoga Bermanfaat!



LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2