-->

Iklan Atas Artikel

Nadiem Makarim Memastikan CPNS Guru Tetap Dilaksanakan

Nadiem Makarim Memastikan CPNS Guru Tetap Dilaksanakan - Nadiem Makarim Menteri Pendidikan Kebudayaan (Mendikbud) memastikan bahwa untuk perekrutan calon pegawa negeri sipil (CPNS) untuk formasi guru akan tetap ada.

Dilansir dari laman Instagram pribadinya @nadiemmakarim pada Selasa (5/1/2021) mengatakan ada miskomunikasi mengenai formasi guru.

Lebih lanjut Nadiem Makarim menyampaikan mengenai informasi yang beredar luas di media mengenai tidak ada formasi untuk CPNS guru merupakan informarsi yang tidak benar, dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud.

Nadiem menegaskan bahwa formasi CPNS guru ke depan akan tetap ada, karena kebijakan tersebut sejalan dan saling melengkapi dengan (PPPK) atau Perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Namun, ia mengatakan untuk tahun 2021, pemerintah memang sedang berfokus untuk merekrut guru honorer hingga kapasitas 1 juta orang melalui jalur perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Nadiem mengharapkan untuk tenaga guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bisa melamar melalui jalur PPPK.

Bagi peserta PPPK yang mempunyai kenerja yang baik nantinya akan menjadi pertimbangan saat melamar menjadi CPNS. Lebih lanjut Nadiem Makarim menyampaikan agar guru mendapatkan kesempan memperjelas status untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Badan Kepagawaian Negara (BKN) merilis untuk memenuhi kekurangan guru yang terjadi di banyak daerah, pemerintah berencana melakukan rekrutmen 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

Kesempatan yang baik ini bisa diikuti oleh guru honorer, termasuk tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2) untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru PPPK.

Hal tersebut diumumkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tanggal 23 November 2020 dan menjadi fokus BKN di tahun 2021.


LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2