-->

Iklan Atas Artikel

Pendaftaran CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA/SMK

Pendaftaran CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA/SMK - Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan pendaftaran untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 rencananya akan dilaksanakan pada bulan April hingga Mei.

Namun, untuk tanggal pelaksanaanya belum bisa dipastikan. Dilansir dari Kompas.com CPNS kali ini membutuhkan formasi tenaga kesehatan, guru, dan tenaga teknis.

pendaftaran cpns 2021


Lebih lanjut, CPNS tahun 2021 dilakukan tidak hanya diperuntukan untuk lulusan sarjana, tetapi lulusan SMA/SMK bisa mengikutinya.

Jika melihat pada pendaftaran CPNS SMA/SMK sebelumnya terdapat 6 instansi yang membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat.

Di bawah ini seperti yang dilansir dari Kanal Youtube Ardhana, formasi yang dibutuhkan untuk seleksi CPNS 2021 untuk lulusan SMA:

1. Kemenkumham

Menurut Kementrian HukUm dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan membuka lowongan CPNS terbesar dengan syarat lulusan SMA/SMK. Data formasi Kemenkumham di tahun 2019 terdapat 3.532 formasi khusus untuk lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat.

Jumlah formasi 2.875 yang dibutuhkan untuk yang memiliki ijazah SMA atau sederajat dengan jabatan sebagai sipir atau penjaga tahanan. Sedangkan, jumlah formasi yang dibuka 101 putri dan putri Papua dan Papua Barat, dan terdapat 2.774 untuk formasi umum.

Tidak hanya itu, Kemenkumham membuka lowongan sebanyak 2.774 formasi umum terdiri 2.497 untuk pria, dan 277 wanita.

2. Kejaksaan Agung

Informasi untuk Kejaksaan Agung terdapat 2.000 lowongan, formasi CPNS pada tahun 2019 diperuntukkan lulusan SMA sederajat. Terdapat 2 jabatan untuk formasi CPNS tersebut yaitu tahanan pengawal narapidana atau tahanan, dan pengemudi kapten.

Pengawal narapidana atau tahanan sebanyak 1000 formasi, sedangkan untuk pengemudi kapten sebanyak 1000 formasi.

Untuk pengawal narapidana atau tahanan formasi putra/putri Papua dibutuhkan sebanyak 2 orang dari 1000 formasi, membutuhkan 998 untuk umum termasuk untuk pengemudi kapten.

3. Kementrian LHK

Sementara untuk Kementrian LHK memberikan jatah bagi lulusan SMK sebanyak 80 formasi melalui jalur SMK, formasi tersebut untuk jabatan pemula polisi kehutanan atau pelaksana pemula.

4.  Kementan

Seleksi CPNS untuk Kementan terdapat 45 formasi untuk jabatan pelaksana pemula atau paramedik karantina hewan sebanyak 26 kursi.

Berikut persyaratan pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA/SMK/MA:

  1. Berkelakuan baik
  2. Bebas dari Narkoba
  3. WNI
  4. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat pada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.
  5. Minimal berusia 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  6. Tidak pernah dipidana atau dipenjara.
  7. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat atas permintaan senditi atau diberhentikan. sebagai prajurit TNI, PNS, anggota kepolisian RI, atau karyawan swasta.
  8. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS.
  9. Tidak termasuk siswa ikatan dinas pemerintah
  10. Memiliki nilai dalam ijazah atau NEM, SKHU dan lain-lain yang setara dengan ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dengan rata-rata minimal 7.00 (tujuh koma nol nol).
  11. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau kegiatan politik praktis.
  12. Mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang disyaratkan
  13. Dinyatakan sehat jasmani dan rohani sesuai dengan syarat jabatan yang dilamar.
  14. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan wilayah lain.




LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2