>

Tips Menulis untuk Blogger Pemula

Tips Menulis untuk Blogger Pemula - Berbicara mengenai blogging memang tidak ada aturan secara baku untuk penggunanya. Untuk sebagian blogger kegiatan menulis merupakan hal yang menyenangkan, karena dianggap pekerjaan yang tidak terlalu serius. Blog merupakan media yang bisa Anda gunakan untuk menuangkan apa saja yang ada dalam pikiran Anda. Secara tidak langsung setiap ide bisa Anda tuangkan dalam sebuah tulisan salah satunya dengan blog.

Blog tidak hanya merupakan suatu hal yang menyenangkan untuk penggunanya, Blogging juga bisa memberikan manfaat untuk Anda. Selain Anda bisa menyalurkan ide dan pemikiran. Anda bisa memanfaatkan blog atau salah satu tempat untuk bercerita tentang pengalaman atau perjalanan kepada para pembacanya. Berikut merupakan alasan bagi Anda perlu membuat sebuah blog:

  • Kegiatan blogging bisa dijadikan tempat atau sarana berekspresi dan membagikan tentang topik yang Anda kuasai.
  • Blogging masih dipercaya hingga saat ini sebagai sarana komunikasi dan menyebarkan informasi atau berita dengan cepat. Hal tersebut bisa Anda tonjolkan menjadikan sebuah blog yang unik, dan bisa dikenal banyak orang.
  • Blogging memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan penghasilan melalui konten artikel yang Anda tulis.

Tips Menulis untuk Blogger Pemula

Kelebihan bagi Anda yang mempunyai blog pribadi, Anda akan lebih leluasa untuk mengaturnya seperti tema, topik, dan jadwal membuat artikel hingga template yang dipakai. Ada beberapa tips untuk blogger pemula yang jangan sampai untuk dilewatkan.

1. Menulislah Apa yang Anda Disukai

Apakah Anda suka menulis cerpen atau novel? atau Anda lebih menyukai game? Nah, setelah Anda menemukan topik apa yang Anda tulis tentunya hal tersebut benar-benar Anda harus menyukainya. Blog merupakan salah satu ekspresi dari ide bagi seorang penulis. Terkadang melalui tulisan seseorang lebih leluasa untuk mengeluarkan ide-ide kreatifnya, salah satunya dengan perantara blog.

2. Mempunyai Ciri Khas

Jika Anda banyak menemukan tema blog yang sama dengan blog yang Anda miliki. Namun, hal tersebut jangan dijadikan sesuatu untuk menghambat dan rintangan. Anda bisa dengan cerdik memahami kelemahan blog orang lain. Misalnya, Jika Anda senang membuat tulisan dengan tema game, mungkin Anda bisa menyediakan voucher, atau gaya bahasa yang digunakan agar lebih dikenal banyak orang.

Sebelum Anda menulis, sebaiknya lakukan riset ketika melihat blog yang mempunyai tema yang sama dengan blog Anda, kemudian carilah kekurangan dari blog orang lain sehingga bisa dijadikan kesempatan emas menjadi kelebihan untuk blog Anda.

3. Berbicara dengan Pembaca

Jika Anda sedang menulis sebuah blog, sebaiknya posisikan diri untuk menjadi pembaca, atau seolah-olah menjadi seorang pembaca, bukan berbicara kepada pembaca. Berusahalah untuk memasuki pembahasan yang Anda sajikan, dan buat setiap kalimat atau paragraf menjadi lebih hidup (interaktif).

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunakan kalimat deskriptif yang bisa menggambarkan kondisi atau sebuah tempat tertentu dengan jelas.

4. Konten yang Berkualitas

Seperti yang disampaikan sebelumnya. Jadi, Anda harus memposisikan sebagai pembaca. Apakah yang Anda tulis menarik perhatian orang atau tidak.  Jika tulisan Anda kurang menarik, mungkin ada beberapa hal yang Anda harus perbaiki sehingga bisa menarik perhatian pembaca.

Tulisan bisa disebut menarik salah satunya memiliki keunikan, kedekatan dengan pembaca, konflik, pengaruh atau dampak, dan manfaat untuk pembaca. Setelah Anda memahami nilai-nilai tulisan ini, Anda bisa langsung menerapkannya di blog.

5. Kekuatan Visual

Setelah Anda mampu menulis blog dengan baik, kemudian selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan visual atau gambar. Gambar yang menarik dan sesuai dengan artikel yang Anda tulis akan bermanfaat bagi blog. Misalnya jika tulisan Anda bagus tanpa didukung dengan gambar yang relevan, mungkin pembaca akan sulit tertarik.


0 Response to " Tips Menulis untuk Blogger Pemula "

Post a Comment

Komentari sesuai dengan isi konten.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel