-->

Iklan Atas Artikel

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah UI (Universitas Indonesia) 2021/2022

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah UI (Universitas Indonesia) 2021/2022 - Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi terkait beasiswa kuliah di Universitas Indonesia Tahun 2021/2021. Informasi beasiswa UI tersebut diperuntukkan untuk mahasiswa baru dan lama. 

Banyak orang yang mendambakan bisa masuk kuliah di UI, dan menjadi kebanggaan tersendiri ketika kuliah di UI. Seperti diketahui untuk masuk UI memang bisa terbilang sulit, karena melihat persaingannya yang begitu ketat dan harus berjuang sekuat tenaga untuk bisa masuk universitas bergengsi tersebut.

Bagi Anda yang sekarang sudah menjadi mahasiswa UI yang merasa kesulitan dalam biaya kuliah di UI, cara terbaik untuk tetap belajar di UI yaitu dengan mengajukan beasiswa kuliah di UI.


Jika menyimak pada laman web Universitas Indonesia beasiswa merupakan bantuan yang akan diberikan terhadap mahasiswa sebagai upaya apresiasi prestasi mahasiswa UI atau merupakan bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembiayaan kuliah.

Kategori Beasiswa Kuliah di Universitas Indonesia

Pihak UI menyampaikan beasiswa UI dibagi dua kategori, yaitu beasiswa yang diberikan pihak UI, dan beasiswa yang berasal dari sponsor.

Sementara UI tidak membedakan untuk beasiswa kurang mampu atau beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi. Untuk beasiswa UI dari sponsor UI hanya membantu menginformasikan beasiswa dan menyalurkan berdasarkan permintaan dan syarat yang telah diberikan oleh pihak sponsor.

Beasiswa dari pihak sponsor dibagi menjadi tiga jenis, yaitu beasiswa kurang mampu, beasiswa berprestasi, dan beasiswa campuran. Untuk penjelasannya silakan simak di bawah ini:

  1. Beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu diperuntukkan untuk mahasiswa yang berada dalam kondisi ekonomi keluarga kurang mampu, beasiswa ini diwajibkan membuat surat keterangan kurang mampu yang dikeluarkan dari RT/RW yang merupakan salah satu syarat.
  2. Beasiswa berprestasi merupakan beasiswa yang diperoleh dari hasil seleksi penerimaan melalui nilai IPK yang diperoleh dari mahasiswa semester tertentu. 
  3. Beasiswa campuran merupakan beasiswa dengan kriteria gabungan antara kebutuhan dan prestasi.

Sumber beasiswa sponsor bisa berasal dari pemerintah, perusahaan, perorangan, yayasan, dan sebagainya dalam jenis dan jangka waktu yang berbeda. 


Beasiswa Kuliah UI Berdasarkan Timeline Pengajuan

Jenis Beasiswa UI dengan kategori ini:

  1. Beasiswa yang diajukan sebelum mahasiswa masuk atau memulai perkuliahan (sebelum semester pertama) atau disebut beasiswa bidikmisi.
  2. Beasiswa setelah mahasiswa menempuh kuliah selama beberapa semester, umumnya beasiswa pada dua semester awal, dan diperuntukkan untuk mahasiswa yang sudah mempunyai IPK dan biasanya untuk beasiswa prestasi.


Persyaratan Umum Beasiswa Kuliah UI

Harus diketahui untuk mendapatkan beasiswa mahasiswa UI memang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung persyaratan yang diajukan oleh pihak universitas atau sponsor yang menyediakan beasiswa tersebut. Secara umum persyaratan untuk mengajukan bagi mahasiswa UI sebagai berikut:

1. Nilai IPK minimum 3.01

2. Salinan KK (Kartu Keluarga)

3. Salinan slip gaji orangtua

4. Salinan KTM (Kartu Identitas Mahasiswa)

5. Daftar Riwayat Hidup atau CV

6. Mengisi formulir beasiswa dan membuat surat pernyataan bukan perokok aktif.

Persyaratan tersebut merupakan persyaratan secara umum, lebih jelasnya bisa disimak langsung saat pendaftaran beasiswa.


Cara Mendaftar Beasiswa Kuliah UI

Untuk mengajukan beasiswa kuliah UI, peserta wajib melangkapi data yang sudah disediakan melalui form umum beasiswa UI yang bisa diunduh melalui laman http://mahasiswa.ui.ac.id/ atau bisa diperoleh di KESMA BEM fakultas, Dekanat Fakultas.

Cara melakukan pendaftaran beasiswa UI:

  • Buka laman http://beasiswa.ui.ac.id
  • Kemudian, lakukan pendaftaran dengan klik nama beasiswa yang sedang dibuka.
  • Login menggunakan username dan password UI Anda. Jika Anda belum mempunyai akun, silakan buat terlebih dahulu dengan Daftar akun.
  • Setelah masuk, lengkapi biodata pendaftaran.
  • Cetak bukti pendaftaran.

Demikian informasi beasiswa kuliah UI. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat!

LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2