-->

Iklan Atas Artikel

Informasi Pendaftaran PPPK Tahun 2021

Untuk Anda seorang guru honorer, apalagi yang sudah bekerja sudah puluhan tahun. Kini pemerintah membawa kabar berita gembira untuk bisa menjadi tenaga pendidik kontrak dari pemerintah.

Menurut kabar terbaru PPPK 2021 akan dilaksanakan pada bulan April, dan perlu diketahui pada tahun ini katanya tidak ada penerimaan untuk CPNS untuk tenaga pendidik atau guru.

Untuk tenaga pendidik non PNS akan dibuka PPPK 1 juta lowongan guru. Tujuan dari pembukaan lowongan tersebut untuk mengisi kekosongan pada wilayah-wilayah tersebut.

Bagi Anda guru honorer tidak perlu khawatir, karena untuk tahun-tahun selanjutnya akan dibuka lowongan untuk guru PPPK tersebut.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan pemerintah akan terus melakukan alokasi formasi PNS untuk tenaga guru. Tetapi sayangnya formasi PNS untuk guru akan dibuka secara terbatas, dan tidak rencananya tidak ada pembukaan PNS untuk tahun ini.

Untuk Anda yang akan mengikuti seleksi PPPK guru ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena ada yang berbeda dari seleksi penerimaan CPNS.

Kabar gembira selanjutnya adalah untuk seleksi PPPK tidak perlu melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar yang berlaku seperti CPNS, karena seleksi PPPK hanya dilaksanakan mengadakan seleksi kompetensi bidang/teknis.

Berikut 4 syarat yang harus dipahami oleh calon peserta PPPK tahun 2021

  1. Pelamar berusia 20 tahun hingga 59 tahun.
  2. Hingga saat ini terdapat 174.077 untuk formasi guru PPPK yang telah diajukan oleh Pemerintah Daerah (32 Provinsi, 370 Kabupaten, dan 89 Kota).
  3. KemenPANRB akan melakukan memverifikasi kemudian menetapkan formasi berdasarkan Analisis jabatan, dan beban kerja, dan mempertimbangkan data dapodik-Kemendikbud yang sesusuai peraturan berlaku.
  4. Hingga saat ini masih dalam proses perancangan penerimaan, soal ujian kompetensi, dan sistem seleksi yang melebatkan Kemendikbud, KemenPANRB, BPKP, BKN, BSSN, dan BPPT.
Sebelumnya, untuk pendaftar hanya akan diberikan kesempatan mengikuti ujian PPPK satu kali per tahun.



LihatTutupKomentar

Iklan Tengah Artikel 2